Alih Teknologi Pengolahan Pindang Higienis

Alih Teknologi Pengolahan Pindang  Higienis, telah diselenggarakan oleh tim IPTEKMAS BBP4BKP pada tanggal 3  Desember 2013 di gedung serba guna PPN Palabuhanratu. Acara ini  merupakan rangkaian acara IPTEKMAS (Model Penerapan IPTEK) pengolahan  pindang tahun 2013. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan  Perikanan Kabupaten Sukabumi, Ir.Hj. Dedeh Herlina, MSi. Dalam  paparannya, Kepala Dinas KP Kabupaten Sukabumi menjelaskan bahwa saat  ini faktor kebersihan atau higienitas merupakan salah satu faktor  penting yang harus diperhatikan oleh pengolah.     

Setiap langkah dalam proses produksi  harus memperhatikan faktor higienitas tersebut sehingga dapat dihasilkan  produk yang sehat, bermutu dan aman untuk dikonsumsi. Di antara  faktor-faktor tersebut adalah pemilihan bahan baku ikan harus teliti dan  dipastikan benar bahwa ikan yang akan diolah dalam keadaan segar.  Selain itu penggunaan kertas buku telepon untuk membungkus pindang tidak  boleh dilakukan, sehingga pengolah harus menggunakan kertas pembungkus  lain yang aman.Di akhir tahap pengolahan, para pengolah diharapkan  memiliki kemampuan untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengemas  produknya sehingga daya awetnya lebih lama dan lebih menarik bagi  konsumen.  

Kemasan yang menarik ini akan memperluas  pemasaran pindang khas Pelabuhan Ratu ke daerah-daerah  lain.Selanjutnya, pemaparan alih teknologi pengolahan pindang higienis  diberikan oleh Dra. J. Tri Murtini, MS. Materi yang dipaparkan berisi  tentang persyaratan mutu dan keamanan produk perikanan dalam proses pem  buatan pindang hienis. Setelah pemaparan dilakukan serah terima alat  secara simbolis dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Alat  kepada kelompok Pindang Perkasa dan Kelompok Sauyunan yang disaksikan  oleh Kepala Dinas KP Kabupaten Sukabumi. Peralatan yang diberikan adalah  Cook box, alat thawing, tungku danbBadeng bertutup. Uji coba alat  dilakukan pada tanggal 4 Desember 2013 di tempat ketua kelompok pindang  Perkasa yang beralamat di Bantar Gadung. Dalam praktek pengolahan  pindang higienis menggunakan peralatan ag diberikan kepada para pengolah  dapat berfungsi dengan baik.