Bantu Sosialisasikan Hasil Riset KP, STP Selenggarakan Workshop Materi Penyuluhan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hal ini Sekolah Tinggi Perikanan (STP), Jurusan Penyuluhan Perikanan (Jurluhkan) ingin bantu para peneliti bidang Kelautan dan Perikanan (KP) dalam mensosialisasikan hasil riset yang telah dilakukan. Hasil riset tersebut nantinya bisa disosialiasikan kepada masyarakat perikanan agar mereka juga bisa memperbarui berbagai informasi terkini seputar riset KP yang telah dihasilkan oleh para peneliti.

“Guna menyukseskan kegiatan sosialiasi hasil riset, STP Jurluhkan pun menyelenggarakan workshop materi penyuluhan. Workshop tersebut dilaksanakan untuk menunjang para penyuluh dalam menyiapkan bahan-bahan materi penyuluhan yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat luas. Bagi para dosen, materi ini berguna sebagai bahan ajar di kelas. Sedangkan bagi para taruna, materi tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkaya materi perkuliahan,” kata Ani Leilani, M.Si Kepala STP Jurluhkan Bogor.

“Dalam kegiatan workshop tersebut, beberapa materi penting dibahas, seperti inovasi-inovasi terbaru dari para peneliti yang bisa dimanfaatkan bagi para pelaku di bidang perikanan. Wokshop dihadiri oleh peneliti, dosen, penyuluh, stakeholders perusahaan hingga taruna STP,” tambah Ani.

Ani juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan workshop tersebut, peserta bisa mengetahui berbagai riset terkini, sekaligus mengadopsi berbagai inovasi terbaru. Semua materi tersebut disampaika dalam bentuk pembelajaran kepada para taruna.

“Materi yang disampaikan dalam kegiatan workshop ini juga bisa memperkaya ilmu dan keterampilan bagi taruna dalam kegiatan praktikum nantinya. Dengan demikian, para taruna nantinya bisa menerapkan ilmu yang diperoleh dalam workshop tersebut sebagai uji coba dalam kegiatan praktek akhir taruna,” ujar Ani.

Ani juga mengharapkan, kegiatan workshop materi penyuluhan tersebut bisa rutin dilakukan dengan melibatkan taruna, dosen dan para penyuluh. Sehingga lebih banyak lagi keterampilan dan pengetahuan yang bisa diterapkan di lapangan.