Bekali Keterampilan Calon Pelaut, SUPM Kupang Lepas Siswa Ikuti Pelatihan dan PKL

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dalam hal ini Sekolah Usaha Perikanan Menengahh (SUPM) Kupang paham betul akan keterampilan yang perlu dimiliki oleh anak didik mereka di bidang Kelautan dan Perikanan (KP).  Karena itulah, siswa pun perlu didorong untuk mendapatkan banyak pengalaman dan kesempatan dalam belajar dari berbagai sumber.

“Salah satu cara yang dilakukan SUPM Kupang dalam mendorong siswa mendapatkan pengalaman baru yakni melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan pelatihan. SUPM Kupang melepas 59 siswa yang duduk di bangku kelas II semester IV pada program keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) untuk mengikuti PKL dan pelatihan Basic Safety Training (BST),” kata Kepala SUPM Kupang, Marcus Samusamu saat wawancara dengan Tim Humas  BRSDM baru-baru ini.

“Dalam kegiatan BST tersebut, beberapa materi yang akan dipelajari yakni prosedur pada keadaan darurat di atas kapal, melakukan pencegahan pada pencemaran polusi laut, melakukan pemadam kebakaran, melakukan pelayanan medis di atas kapal , serta melakukan keselamatan dan keamanan kerja di atas kapal,” ungkap Marcus.

Marcus juga menyampaikan bahwa sebagai calon pelaut, para siswa perlu memiliki pemahaman dan keterampilan terutama dalam melakukan penyelamatan darurat di atas kapal. Sehingga perlu bagi siswa mengikuti kegiatan PKL dan pelatihan tersebut.

“Melalui pelatihan BST, siswa akan menguasai berbagai keterampilan dalam teknik penyelamatan di atas kapal. Sedangkan kegiatan PKL, akan membuat para siswa mendapatkan pengalaman kerja secara langsung. Pengetahuan dan skill mereka pun akan semakin bertambah dengan mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga bisa menunjang kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang diminatinya,” tambah Marcus.

Selain untuk meningkatkan kemampuan siswa, kegiatan ini juga sekaligus ajang untuk mendapatkan pengakuan dari dunia industri tempat dimana siswa melakukan PKL. Dengan demikian, para siswa pun akan lebih diperhitungkan di dunia kerja usai mereka lulus.

“Dengan adanya kegiatan ini, SUPM Kupang berharap para siswa bisa menerapkan berbagai ilmu dan keterampilan yang telah dipelajarinya. Serta tidak lupa untuk terus menggali ilmu melalui kesempatan yang telah diberikan,” tutup Marcus.