Belajar Mengenai Pembenihan Udang Windu, Mahasiswa Antusias Kunjungi BRBAP3

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluh Perikanan (BRPBAP3) memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat, tidak terkecuali mahasiswa yang ingin mengetahui secara langsung bagaimana melakukan pembenihan pada udang Windu. Mahasiswa dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dengan antusias melakukan praktek karya wisata ke BRPBAP3 untuk melihat secara langsung sistem manajemen serta berbagai alat yang digunakan di Instalasi Pembenihan Udang Windu (IPUW) BRPAP3.

Sebanyak 109 mahasiswa yang didampingi oleh enam orang dosen, tidak hanya bisa melihat secara langsung. Mereka juga berkesempatan untuk berdiskusi kepada pegawai IPUW mengenai metode kerja pada peralatan yang digunakan dan apa saja fungsi dari alat-alat tersebut. Kunjungan ini dilakukan pada 14 November 2017.

Pihak pelayanan teknis, peneliti beserta teknisi yang ada di BRPBAP3 secara langsung berikan penjelasan kepada para mahasiswa. Beberapa hal yang disampaikan, di antaranya mengenai ketentuan pada pelaksanaan kegiatan praktek di IPUW Barru, profil mengenai IPUW, serta hasil pemantauan pada kualitas air yang didapatkan dari sistem manajemen kualitas air yang juga ditetapkan oleh IPUW BRPBAP3.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa mendapatkan banyak hal positif, di antaranya bisa menambah pengetahuan di lapangan mengenai sistem manajemen air pada pembenihan dan pembesaran udang. Selain itu, mahasiswa juga semakin paham bagaimana manajemen air yang dibutuhkan dalam budidaya yang didalamnya meliputi pada kebutuhan aspek pembenihan dan pembesaran.

Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung BRPBAP3 juga sekaligus memsosialisasikan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa mengenai sistem manajemen air yang digunakan di iPUW sekaligus membuka jalan kerja sama dengan perguruan tinggi. Kegiatan ini membantu peyebarluasan informasi hasil riset kepada masyarakat.

Mahasiswa pun diharapkan agar terus memperdalam ilmu mereka baik secara teori maupun praktek mengenai apa yang sudah didapatkan dalam kunjungannya ke BRPBAP3. Selain itu, BRPBAP3 juga berharap semua ilmu yang sudah disampaikan dapat bermanfaat baik di lingkungan akademik maupun dalam dunia kerja.