BRSDM Gandeng Itjen Perkuat Tata Kelola Keuangan dan BMN

Sekretariat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) pada 22-25 Januari 2018 adakan Rapat Kerja Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Tahun Anggaran 2017 di Bogor. Kegiatan dibuka oleh Kepala BRSDM, M. Zulficar Mochtar dan dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (Irjen KKP), Muhammad Yusuf.

“Rapat Kerja Penyusunan Laporan Keuangan 2017 merupakan momentum yang sangat penting yang menandai seberapa akuntabel kita dalam melaksanakan berbagai program sepanjang tahun 2017. Serta bagaimana laporan tersebut dapat menggambarkan kualitas pengelolaan keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) pada satuan kerja lingkup BRSDM,” kata M. Zulficar Mochtar mengawali sambutannya dalam pembukaan  Rapat Kerja Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Tahun Anggaran 2017.

“Laporan ini juga menjadi pintu gerbang bagi aparat pemeriksa seperti Itjen dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk me-review lebih intensif laporan keuangan yang telah disusun, sehingga perlu diperkuat oleh informasi yang berkualitas dan data dukung yang memadai,” tambah Zulficar.

Zulficar juga menyampaikan bahwa saat ini ada 43 satuan kerja BRSDM yang menyusun laporan keuangan ditambah tiga satuan kerja (Politeknik KP Kupang, Politeknik KP Bone dan Politeknik KP Karawang) yang akan mengelola DIPA anggarannya sendiri di tahun 2018, sehingga  tantangan ke depan akan lebih berat sehingga perlu ada effort lebih untuk menuntaskan laporan tersebut.

“Latar belakang kita beragam tidak semuanya menguasai administrasi keuangan, per-proyekan, infrastruktur sehingga kita perlu sharing, berbagi dan bersinergi dalam suatu keluarga besar BRSDM untuk mencapai target BRSDM bisa menjadi yang terbaik dalam hal laporan keuangan dan administrasi. Jika kita dirasa kurang menguasai manajemen proyek, dinamika peraturan dan sebagainya kita bisa minta pertimbangan Itjen untuk di-review dengan baik”kata Zulficar.

“Saya membutuhkan kekompakan dan komitmen dari kita semua yang hadir disini untuk melakukan yang terbaik. Yakinlah apa yang kita lakukan secara serius dan diniatkan untuk ibadah pasti menghasilkan sesuatu yang berguna”tutup Zulficar dalam sambutannya.

Laporan Keuangan (LK) harus memenuhi kriteria prinsip-prinsip dasar Sistem Akuntansi Instansi (SAI)  yaitu akuntabel, prioritas pada hasil, proporsional, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pra penyusunan LK dengan mengundang operator Satker Pusat dan Narasumber dari Biro Keuangan KKP. Pra penyusunan Laporan Keuangan diperlukan untuk menyamakan persepsi terhadap kaidah penyusunan Laporan Keuangan, sehingga dapat disusun draft laporan lebih awal. Disamping itu dalam pra penyusunan Laporan dapat diketahui lebih awal permasalahan keuangan dan BMN pada BRSDM, sehingga dapat diupayakan penyelesaian dan solusi lebih awal. Pra penyusunan Laporan dilaksanakan sebelum pelaksanaan event rekonsiliasi LK semesteran maupun tahunan.

Rekonsiliasi data SAI (SAIBA & SIMAK BMN) yang dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari 2018 untuk Periode Tahunan TA. 2017 dan pada bulan Juli 2018 untuk Periode Semester I TA. 2018. Peserta yang hadir merupakan operator SAIBA dan SIMAK BMN seluruh Satker/Unit Pelayanan Teknis (UPT). Kegiatan ini juga dibentuk Tim Reviu dan Tim Verifikasi yang melibatkan staf dari Sekretariat BRSDM, dan Itjen KKP. Tim tersebut dibentuk untuk mereviu LK & LBMN yang telah disusun oleh Satker/UPT untuk diselaraskan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan merekonsiliasi data SAI satuan kerja lingkup BRSDM tahunan TA. 2017 dan Semester I TA. 2018 berdasarkan data e-rekonsiliasi dan data keuangan Satker, serta meningkatkan pemahaman dan penyamaan persepsi berdasarkan aturan yang berlaku dalam proses penyusunan laporan keuangan Semesteran dan Tahunan. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kualitaslaporan keuangan Semesteran dan Tahunan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) lingkup BRSDMjuga Tingkat  Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Eselon I (UAPPA E1).

Dengan kegiatan dimaksud diharapkan dapat menghasilkan output berupa Laporan Keuangan dan BMN Tingkat Satuan Kerja (UAKPA/UAKPB) BRSDM periode Tahunan TA. 2017 dan Semester I TA. 2018 serta Laporan Keuangan dan BMN Tingkat Eselon I (UAPPA/UAPPB – E1) BRSDM periode Tahunan dan Semester I TA. 2018.(HS)