Tingkatkan Keamanan Maritim Indonesia, KKP Ajak Hakim dan Jaksa Pelajari Tindak Pidana Bidang KP

Tingkatkan Keamanan Maritim Indonesia, KKP Ajak Hakim dan Jaksa Pelajari Tindak Pidana Bidang KP

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyadari akan besarnya potensi sumber daya yang dimiliki laut Indonesia. Karena itu, perlu sebuah langkah serius untuk terus menjaga kedaulatan kelautan Indonesia, agar sumber daya yang ada didalamnya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Besarnya potensi yang dimiliki laut Indonesia tidak menutup kemungkinan banyak pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memanfaatkan kekayaan laut Indonesia yang ada. Untuk itulah, keamanan yang ada saat ini perlu ditingkatkan.

Salah satu langkah yang sedang dilakukan pemerintah adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan Penanganan Perkara Kejahatan Perikanan dan Kejahata Terkait Perikanan Lainnya yakni International Fish FORCE Academy of Indonesia bagi hakim dan jaksa di Indonesia. Pelatihan ini sendiri dilakukan untuk memberikan pemahanan yang lebih kepada hakim dan jaksa, dalam menengani perkara yang menyangkut masalah di bidang perikanan dan kelautan (KP).

Pelatihan yang berlangsung pada 11 hingga 15 Desember 2017 ini menjadi ajang bagi para hakim dan jaksa untuk memahami dan Mengelola berbagai modus kejahatan di bidang KP. Dengan demikian, mereka pun bisa mengoptimalkan keamanan bagi laut Indonesia dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Salah satu kejahatan bidang KP yang terus diberantas oleh KKP yakni Illegal Fishing. Dimana kejahatan itu sendiri telah membuat indonesia rugi mencapai ratusan trilliun. Untuk itulah, perlu adanya sistem baru dalam menggalakkan keamanan di laut indonesia, baik di wilayah perikanan nasional maupun zona ekonomi ekslusif.

Melalui kegiatan ini, diharapkan KKP bisa terus mencegah terjadinya tindak kajahatan di lautan Indonesia dan menjaga keamanan pada sumber daya yang ada di dalamnya. Dengan begitu, hasil kekayaaan laut tidak jatuh ke tangan asing.